Manfaat Bondek dalam Konstruksi

Bondeck disebut juga sebagai floordeck. Material ini dipakai dalam konstruksi untuk mengganti triplek, khususnya dalam proyek pengecoran dag beton. Pemakaian floordeck tersebut memiliki beberapa keunggulan jika dibanding memakai triplek.
Salah satu keunggulannya adalah tidak adanya material yang terbuang. Pemasangannya juga relative mudah. Selain itu, jika memakai floordeck ini untuk pelapis dak beton, tidak perlu lagi memakai penyangga.

Bondek

Kelebihan Memakai Bondeck
Berikut ini akan dijelaskan berbagai kelebihan pemakaian bondeck di dalam konstruksi:
  • Proses pengerjaan lebih cepat dan efisien waktu
  • Hasilnya terlihat lebih modern, bersih, dan rapi
  • Menghilangkan penggunaan perancah atau bekisting. Jika pun memakai maka bisa diminimalisir hingga lebih hemat
  • Tidak ada material yang terbuang
  • Menambah unsur kekuatan dalam struktur
  • Mengurangi jumlah tenaga kerja yang dipakai dalam pengecoran dak beton
  • Lebih hemat diameter besi tulangan cor beton karena sudah memakai plat bondek.
  • Tidak berkarat sehingga lebih awet dan tidak perlu cat sebagai finishing
Dengan kelebihan di atas, maka saat ini banyak konstruksi yang sudah memakai material tersebut. Selain itu, pemakaiannya juga bisa menghemat pemakaian kayu.
Pemakaian bondeck memang umum sudah dipakai dalam dunia konstruksi dan teknik. Aplikasi paling umum  adalah untuk langit-langit bawah plat lantai beton. Bisa juga sebelum pemasangan plafon rumah.
Untuk tampilan yang natural, floordeck ini tak perlu dicat. Namun bisa pula mengaplikasikan cat untuk membuatnya lebih indah.
Mengenal Bentuk Bondeck
Bondek dibuat dari bahan galvanis. Dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai seng yang bergelombang. Meski bentuknya mirip seng, namun material ini penggunaannya berbeda dengan seng.
Fungsi tekuk atau plat yang bergelombang ini didesain untuk membantu kekuatan struktur beton, yang dipakai dalam cor plat lantai.
Sebagai floordeck, material tersebut dipakai sebagai pelapis bawah cor lantai beton. Fungsinya yakni untuk mengganti peran bekisting kayu atau triplek.
Tujuan lain dari penggunaannya adalah untuk mengkonversi pemakaian besaran diameter besi. Selain itu juga bisa untuk mengkonversi ketebalan cor beton yang  dipakai dalam konstruksi.

Kelemahan Memakai Bondeck
Pemasangan bondeck juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya:
  • Plat galvanis floordeck tidak mudah untuk dipotong. Jadi, ketika membeli, lakukan pengukuran yang tepat tiap panjangnya. Pembelian sebaiknya sudah dalam kondisi potongan-potongan sehingga bisa siap pakai di lapangan.
  • Pemasangan butuh las listrik. Gunanya untuk menyambung antar floordeck agar sempurna pemasangannya.
  • Butuh tenaga ahli berpengalaman dalam memasang bondeck. Jika tenaga kerja tidak tersedia, maka hasilnya kurang sempurna dan kurang rapi serta kuat.
  • Pemasangannya tidak cocok untuk plat lantai cor area tepi

Spesifikasi Plat Bondeck
Plat untuk cor lantai bangunan bertingkat ini ditemui di pasaran dalam spesifikasi berbeda-beda. Yang paling umum ditemui adalah plat dengan ketebalan 0,65mm hingga 0,75mm, serta 1mm. Untuk lebarnya, rata-rata 1 meter dengan panjang hingga 12 meter.
Bentuk plat lantai adalah bergelombang hingga membuatnya lebih kokoh. Serta adanya tonjolan atau embossment di setiap sisi sisi rusuknya bisa menambah sifat monolit antar plat dengan cor beton. Material ini memiliki kapasitas yang besar untuk menanggung beban yang bekerja.
Dengan demikian, maka pamakaian plat lantai ini bisa menghemat pemakaian beton, khususnya untuk plat lantai. Yakni bisa hemat volume beton hingga 25%.
Bentuk bondeck berupa lembaran mampu mempermudah pemasangan. Karena bisa langsung menutupi 2 hingga 3 bentang yang mudah dipasang. Bahannya yang dari galvanis memiliki ketahanan yang baik. Bisa tahan terhadap api, hingga aman dipakai diwilayah perkotaan.



Untuk mendapatkan pemberitahuan Postingan/Artikel terbaru dari kami silahkan Masukkan email Anda pada kotak yang tersedia dibawah ini kemudian buka email anda dan klik link konfirmasinya