Batako sebagai Pengganti Dinding Yang Ekonomis



Dari waktu ke waktu, bahan bangunan kini makin bervariasi. Contohnya untuk membuat dinding bangunan, batu bata bukan satu-satunya bahan yang bisa dipilih. Kini ada batako yang harganya ekonomis dan memberikan banyak keuntungan bagi aplikasinya.
Material diatas juga disebut dengan bata cetak yang dibuat dari beton. Material pembuatnya adalah pasir, semen, dan air hingga memiliki kekuatan yang cukup untuk menjadi dinding bangunan. Fungsi utamanya selain untuk dinding juga sebagai konstruksi non structural.
Untuk mengenal jenis dinding di atas, maka berikut ini penjelasan lebih luasnya:


Karakteristik Batako sebagai Dinding Rumah dan Bangunan
Batako memang unik dan berbeda dengan material lainnya. Ada karakteristik tersendiri yang membuat material ini menjadi material pilihan pada pembuatan dinding. Beberapa karakteristiknya adalah:
  • Ada yang memiliki lubang, disebut dengan hollow block. Jenis batu cetak ini dianggap memiliki penghantar panas yang lebih baik dibanding yang bentuknya padat.
  • Untuk hollow block, jika dibandingkan dengan batu bata, beratnya lebih ringan. Selain itu juga lebih mudah dan cepat dipasang. Untuk aplikasi dinding, batu cetak ini lebih kedap suara dan juga kedap panas.
  • Batu cetak yang tidak memiliki lubang disebut dengan solid block. Ukurannya bervariasi dan lebih berat dibandingkan dengan batako hollow block.

Mengenal Dua Jenis Batako di Pasaran
Batu cetak bukan hanya dibedakan menjadi hollow dan solid block. Batu cetak ini juga dibedakan berdasarkan material pembuatnya. Berikut ini kedua jenis batu cetak tersebut:
  • Batu cetak trass/ putih yang terbuat dari campuran trass, batu kapur, serta air. Bagi yang belum tahu, trass adalah jenis tanah yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi. Warnanya putih hingga putih kecoklatan.
  • Batu cetak semen, merupakan jenis batu cetak yang paling banyak ditemui di pasaran. Ukuran hingga bentuknya cukup beragam. Untuk membuatnya seringkali memakai mesin press hingga lebih padat dan permukaannya lebih halus.

Keunggulan dan Kekurangan Batako sebagai Pengganti Dinding
Seperti halnya material lainnya, batu cetak juga memiliki keunggulan serta kelemahannya. Sehingga pemakaiannya harus dipertimbangkan kembali sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
Kelebihan batako:
  • Ukurannya konsisten dan bisa dibentuk dengan lebih rapi
  • Ukurannya besar hingga pemasangan lebih cepat dan mudah
  • Sifat dinding batu cetak lebih kedap air sehingga air hujan tidak akan mudah masuk
  • Batu cetak yang berongga lebih ringan sehingga bisa dipakai untuk dinding lantai dan kolom
  • Mudah dipasang tanpa perlu direndam

Kekurangan batako
  • Batu cetak yang memiliki rongga  rentan terhadap retak rambut
  • Kekuatannya cukup namun lebih rendah dari batu bata
  • Sifatnya menyerap panas, jadi kurang nyaman apalagi di musim kemarau.
Dengan melihat kelebihan dan kekurangan batako, maka Anda bisa memutuskan akan memilih dinding apa untuk konstruksi bangunan Anda. Selain batu cetak, nampaknya batu bata juga menjadi pilihan yang banyak diambil.
Sebagai alternatif, dinding dari tanah liat, yakni batu bata juga banyak dipilih. Aplikasinya bisa untuk dinding rumah yang kuat dan juga nyaman.
Selain itu, jenis dinding dari batu bata lebih kuat, lebih bisa meredam panas, dan juga lebih tahan terhadap retak. Meskipun jenis dinding ini akan lebih lama pemasangan dengan ukuran yang lebih kecil.
Setelah mengetahui spesifikasi dan juga kelebihan batako, maka bisa dipertimbangkan untuk aplikasinya sebagai dinding. Pastikan untuk mendapatkan yang jenis batu cetak yang berkualitas baik untuk ketahanan dinding rumah.



Untuk mendapatkan pemberitahuan Postingan/Artikel terbaru dari kami silahkan Masukkan email Anda pada kotak yang tersedia dibawah ini kemudian buka email anda dan klik link konfirmasinya