7 Keuntungan Menggunakan Bata Merah untuk Konstruksi


Bata merah adalah elemen penting dalam dunia arsitektur dan teknik konstruksi. Penggunaannya untuk beragam keperluan, mulai dari konstruksi lantai, langit-langit bangunan, dinding, balok, dll.
Elemen ini merupakan insulator termal dari interior. Maka aplikasinya bisa membantu mengumpulkan panas, hingga tak membuat panas ruangan atau gedung. Kelebihan lainnya adalah memiliki ketahanan terhadap api yang baik.  
 
Bata Merah Bojong haur
Bata Merah
Berbagai Keuntungan Bata Merah dalam Konstruksi
1.      Menjaga suhu dalam ruangan
Salah satu keuntungan dari aplikasi bata merah  adalah mampu menyerap kelembaban dengan sangat baik. Meskipun hal tersebut bervariasi sesuai dengan komposisi kimia, mineralogi dan granulotechnical dari bahan bakunya. Selain itu, kualitasnya juga bergantung pada proses produksi.
Tahukah Anda? Laju transportasi kelembaban di batu bata adalah sepuluh kali lebih cepat daripada bahan konstruksi lainnya. Kelembaban dilepaskan pada siang hari dan diserap kembali di malam hari. Inilah salah satu sifat batu bata yang bermanfaat untuk membantu mengatur suhu dan kelembaban di dalam rumah.
Konstruksi bata berkontribusi untuk meningkatkan efisiensi energi di gedung-gedung. Sehingga dibutuhkan lebih sedikit energi untuk membuat bangunan lebih dingin. Sangat cocok untuk aplikasi bangunan di negara tropis.
2.      Awet hingga ribuan tahun
Daya tahan bata merah sangat luar biasa. Bahan bangunan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun untuk kualitas yang bagus. Sudah banyak konstruksi yang masih awet dengan batu bata. Konstruksi tersebut telah mampu bertahan tanpa perawatan khusus.
Monumen-monumen bersejarah adalah bukti kokohnya konstruksi batu bata. Maka untuk konstruksi terbaik, kualitas batu bata ini harus diperthitungkan juga.
3.      Lebih hemat
Konstruksi dengan bata merah bisa menekan biaya dan mudah untuk dikerjakan. Bentuk asli dan warna batu bata banyak disukai dan bernilai arsitektural tinggi. Dalam jangka panjang, konstruksi yang dibuat dengan batu bata sangat menguntungkan.
Dari sisi keawetan bangunan, keindahan, dan juga kenyamanan bagi bangunan membuat batu bata menjadi investasi berharga.
4.      Perlindungan sempurna dari cuaca
Tujuan konstruksi dari sebuah bangunan adalah untuk memberikan perlindungan. Yakni melindungi dari gejala alam berupa angin, panas, dingin dan kelembaban, dan hujan.
Batu bata adalah bahan yang paling efisien dan dengan harga hemat untuk pembangunan rumah atau gedung. Konstruksi dari batu bata bisa tahan terhadap air dan kondisi lingkungan yang buruk.
5.      Tahan api
Bata merah cenderung lebih resisten terhadap api. Elemen konstruksi ini mampu mencegah atau menghambat aliran panas yang berlebihan. Selain itu, bata sendiri adalah bahan yang tidak mudah terbakar.
6.      Memiliki unsur estetika tinggi
Dari bentuk dan warna batu bata, mampu menyajikan keindahan bagi bangunan. Selain itu,  bentuknya dapat menyajikan berbagai desain yang tak terbatas. Untuk konstruksi yang terlihat lebih natural, maka batu bata mudah dikombinasikan dengan lingkungan alam.
7.      Mudah ditemukan
Hampir di setiap wilayah mudah sekali menemukan batu bata. Pembuatannya juga cukup mudah, yakni dari tanah liat. Hal ini juga memberikan keuntungan, berupa kecilnya biaya transportasi pengangkutan material.
Itulah 7 keuntungan aplikasi bata merah untuk konstruksi. Bagi yang ingin memiliki konstruksi kuat dan juga nyaman bagi interior rumah, batu bata adalah pilihannya. Dimana pun Anda berada, material ini pun mudah ditemukan.
Toko bangunan selalu menjadi tempat utama menemukan bahan konstruksi ini. Yang perlu diingat ialah pemilihan batu bata harus tepat. Kenapa? Karena rumah dan bangunan adalah sebuah investasi jangka panjang.
Bagi Anda yang membutuhkan Bata Merah bisa menghubungi kami di Tlp/wa 08164630816


Untuk mendapatkan pemberitahuan Postingan/Artikel terbaru dari kami silahkan Masukkan email Anda pada kotak yang tersedia dibawah ini kemudian buka email anda dan klik link konfirmasinya